PERTEMUAN KE-9
REMAJA YANG MENGASAH GERGAJI
Tujuan
-
Remaja
mengetahui potensi mereka
-
Remaja
membuat komitmen untuk mengembangkan potensi mereka
Indikator
-
Remaja
mengetahui Kecerdasan Majemuk yang dominan
-
Remaja
membuat daftar rencana yang akan mereka lakukan untuk mengembangkan potensi
mereka
Metode
Presentasi, mengisi kuesioner
Referensi Alkitab
Pengkhotbah 10:10
10 Jika besi menjadi tumpul
dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting
untuk berhasil adalah hikmat.
Durasi Kegiatan
2 jam
Alat/Bahan
Kuesioner ‘Multiple Intelligence’
Referensi
Mengasah gergaji berarti secara
proaktif melakukan aktifitas yang akan membantu kamu tetap fokus pada tujuan
kita. Kebiasaan ini memelihara dan meningkatkan asset terbesar yang kamu
miliki, yaitu dirimu. Kebiasaan ini , memperbarui keempat dimensi alamiah kamu,
yaitu:
1.
Fisik – olahraga, nutrisi, manajemen stress
2.
Sosial/Emosional – pelayanan, empati, sinergi, rasa aman
dari dalam
3.
Spiritual – Penjelasan nilai dan Komitmen, Studi dan
meditasi
4.
Mental – Membaca, visualisasi, perencanaan, menulis
Sebelum gergaji diasah, kamu
perlu mengetahui gergaji apa yang akan kamu asah, dalam artian potensi apa yang
ada dalam diri kamu.
Apakah kecerdasan itu? Menurut Howard Gardner, kecerdasan ialah
kemampuan menyelesaikan masalah. Menurutnya, manusia memiliki 8 tipe kecerdasan
yang ia sebut Kecerdasan Majemuk.
1. Kecerdasan
Bahasa
Suka: membaca, menulis dan bercerita
Baik dalam: mengingat nama, tempat,
tanggal dan hal-hal yang sepele.
Dapat belajar baik dengan: berkata,
mendengar dan melihat kata-kata.
Penulis, penyair, orator
2. Kecerdasan
Alamiah
Suka: di luar ruangan, dengan
binatang, geografi, dan cuaca; berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Baik dalam: mengkategorikan,
mengorganisir daerahnya, merencanakan perjalanan, pemeliharaan, dan konservasi.
Dapat belajar baik dengan:
mempelajari fenomena alam, dalam bentuk alami, belajar bagaimana cara kerja
sesuatu.
Menyelaraskan diri dengan alam
3. Kecerdasan
Visual
Suka : menggambar, membuat sesuatu,
merancang dan hal-hal kreatif, bermimpi, melihat gambar/slides, menonton film
dan bermain dengan mesin.
Baik dalam: membayangkan hal-hal,
peka terhadap perubahan, tekateki/puzzles dan membaca peta, memetakan.
Dapat belajar baik dengan:
visualisasi, impian, menggunakan mata pikiran dan bekerja dengan warna dan gambar.
Arsitek,
pematung, pelukis, navigator, dan pilot
4. Kecerdasan
Gerak
Suka: bergerak keliling, meraba dan
berbicara dan menggunakan bahasa tubuh.
Baik dalam: aktivitas fisik (olah
raga/menari/akting) dan hasta karya.
Dapat belajar baik dengan: menyentuh,
bergerak, berinteraksi dengan ruang/tempat memproses pengetahuannya dengan
sensasi tubuh.
Atlet, penari,
dan pesenam
5. Kecerdasan
Musik
Suka : menyanyi, bersenandung
nada-nada, mendengarkan musik, memainkan instrumen and merespon musik.
Baik dalam: mengangkat nada,
mengingat melodi, menentukan ritme dan menjaga tempo.
Dapat belajar baik dengan:
ritme/nada, melodi dan musik.
Komposer,
konduktor, musisi
6. Kecerdasan
Interpersonal
Suka: memiliki banyak teman, bicara pada orang dan
bergabung dalam kelompok.
Baik dalam: memahami orang lain,
memimpin, pengorganisasian, komunikasi, manipulasi dan penengah konflik.
Dapat belajar dengan baik: sharing,
membandingkan, menghubungkan, suka bekerjasama dan suka bertanya (interview)
Penjual,
motivator, negosiator
7. Kecerdasan
Intrapersonal
Suka : bekerja sendiri and mengejar
minatnya sendiri.
Baik dalam: mengenal diri, berfokus
dalam perasaan/mimpi-mimpi, mengikuti perasaan, mengejar keinginan/tujuan dan
original.
Dapat belajar baik dengan : bekerja
sendiri, proyek perorangan, menyendiri dan memiliki dunia sendiri.
8. Kecerdasan
Logika
Suka : bereksperimen, memikirkan
hal-hal, bekerja dengan angka, bertanya dan mengeksplorasi pola/bentuk dan
hubungan.
Baik dalam: matematika, alasan,
logika and penyelesaian masalah.
Dapat belajar baik dengan:
mengkategorasikan, klasifikasi and bekerja dengan pola-pola abstrak/hubungan.
Ilmuwan, matematikawan, pengacara, hakim
Gambaran Kegiatan
Kegiatan Pembuka
- Satu minggu sebelum pertemuan ini, bagikan kepada
semua remaja ‘Kuesioner Multiple Intelligence’
- Untuk pembuka pertemuan, tampilkan video yang
bertemakan ‘Multiple Intelligence’
Kegiatan Inti
- Presentasi ‘Multiple Intelligence’
- Pengelompokan remaja sesuai kecerdasan majemuk
yang dominan.
- Refleksi bagaimana mereka akan mengembangkan
potensi mereka. Tulis di ‘My Dream Book’.
Kegiatan Penutup
- Menyanyi Lagu ‘Kamu Sangat Spesial’
Kamu sangat special
Tiada sepertimu
Tuhan buat kau special
Tiada sepertimu
No comments:
Post a Comment