Friday, June 21, 2013

C2C - Module 9

PERTEMUAN KE-9
REMAJA YANG MENGASAH GERGAJI

Tujuan           
-       Remaja mengetahui potensi mereka
-       Remaja membuat komitmen untuk mengembangkan potensi mereka
Indikator
-       Remaja mengetahui Kecerdasan Majemuk yang dominan
-       Remaja membuat daftar rencana yang akan mereka lakukan untuk mengembangkan potensi mereka
Metode
            Presentasi, mengisi kuesioner
Referensi Alkitab
            Pengkhotbah 10:10
10  Jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat.
Durasi Kegiatan
            2 jam
Alat/Bahan
            Kuesioner ‘Multiple Intelligence’
Referensi
Mengasah gergaji berarti secara proaktif melakukan aktifitas yang akan membantu kamu tetap fokus pada tujuan kita. Kebiasaan ini memelihara dan meningkatkan asset terbesar yang kamu miliki, yaitu dirimu. Kebiasaan ini , memperbarui keempat dimensi alamiah kamu, yaitu:
1.            Fisik – olahraga, nutrisi, manajemen stress
2.            Sosial/Emosional – pelayanan, empati, sinergi, rasa aman dari dalam
3.            Spiritual – Penjelasan nilai dan Komitmen, Studi dan meditasi
4.            Mental – Membaca, visualisasi, perencanaan, menulis
Sebelum gergaji diasah, kamu perlu mengetahui gergaji apa yang akan kamu asah, dalam artian potensi apa yang ada dalam diri kamu.

Apakah kecerdasan itu? Menurut Howard Gardner, kecerdasan ialah kemampuan menyelesaikan masalah. Menurutnya, manusia memiliki 8 tipe kecerdasan yang ia sebut Kecerdasan Majemuk.
1.    Kecerdasan Bahasa
Suka: membaca, menulis dan bercerita
Baik dalam: mengingat nama, tempat, tanggal dan hal-hal yang sepele.
Dapat belajar baik dengan: berkata, mendengar dan melihat kata-kata.
Penulis, penyair, orator
2.    Kecerdasan Alamiah
Suka: di luar ruangan, dengan binatang, geografi, dan cuaca; berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
Baik dalam: mengkategorikan, mengorganisir daerahnya, merencanakan perjalanan, pemeliharaan, dan konservasi.
Dapat belajar baik dengan: mempelajari fenomena alam, dalam bentuk alami, belajar bagaimana cara kerja sesuatu.
Menyelaraskan diri dengan alam
3.    Kecerdasan Visual
Suka : menggambar, membuat sesuatu, merancang dan hal-hal kreatif, bermimpi, melihat gambar/slides, menonton film dan bermain dengan mesin.
Baik dalam: membayangkan hal-hal, peka terhadap perubahan, tekateki/puzzles dan membaca peta, memetakan.
Dapat belajar baik dengan: visualisasi, impian, menggunakan mata pikiran dan bekerja dengan warna dan gambar.
Arsitek, pematung, pelukis, navigator, dan pilot
4.    Kecerdasan Gerak
Suka: bergerak keliling, meraba dan berbicara dan menggunakan bahasa tubuh.
Baik dalam: aktivitas fisik (olah raga/menari/akting) dan hasta karya.
Dapat belajar baik dengan: menyentuh, bergerak, berinteraksi dengan ruang/tempat memproses pengetahuannya dengan sensasi tubuh.
Atlet, penari, dan pesenam
5.    Kecerdasan Musik
Suka : menyanyi, bersenandung nada-nada, mendengarkan musik, memainkan instrumen and merespon musik.
Baik dalam: mengangkat nada, mengingat melodi, menentukan ritme dan menjaga tempo.
Dapat belajar baik dengan: ritme/nada, melodi dan musik.
Komposer, konduktor, musisi
6.    Kecerdasan Interpersonal
Suka: memiliki banyak teman, bicara pada orang dan bergabung dalam kelompok.
Baik dalam: memahami orang lain, memimpin, pengorganisasian, komunikasi, manipulasi dan penengah konflik.
Dapat belajar dengan baik: sharing, membandingkan, menghubungkan, suka bekerjasama dan suka bertanya (interview)
Penjual, motivator, negosiator
7.    Kecerdasan Intrapersonal
Suka : bekerja sendiri and mengejar minatnya sendiri.
Baik dalam: mengenal diri, berfokus dalam perasaan/mimpi-mimpi, mengikuti perasaan, mengejar keinginan/tujuan dan original.
Dapat belajar baik dengan : bekerja sendiri, proyek perorangan, menyendiri dan memiliki dunia sendiri.
8.    Kecerdasan Logika
Suka : bereksperimen, memikirkan hal-hal, bekerja dengan angka, bertanya dan mengeksplorasi pola/bentuk dan hubungan.
Baik dalam: matematika, alasan, logika and penyelesaian masalah.
Dapat belajar baik dengan: mengkategorasikan, klasifikasi and bekerja dengan pola-pola abstrak/hubungan.
Ilmuwan, matematikawan, pengacara, hakim

Gambaran Kegiatan
Kegiatan Pembuka
-       Satu minggu sebelum pertemuan ini, bagikan kepada semua remaja ‘Kuesioner Multiple Intelligence’
-       Untuk pembuka pertemuan, tampilkan video yang bertemakan ‘Multiple Intelligence’
Kegiatan Inti
-       Presentasi ‘Multiple Intelligence’
-       Pengelompokan remaja sesuai kecerdasan majemuk yang dominan.
-       Refleksi bagaimana mereka akan mengembangkan potensi mereka. Tulis di ‘My Dream Book’.
Kegiatan Penutup
-       Menyanyi Lagu ‘Kamu Sangat Spesial’
Kamu sangat special
Tiada sepertimu
Tuhan buat kau special
Tiada sepertimu

No comments:

Post a Comment