Friday, June 21, 2013

C2C - Module 8

PERTEMUAN KE-8
REMAJA YANG BERSINERGI

Tujuan           
-       Remaja memahami konsep kerjasama dalam tim
Indikator
-       Remaja memberikan pendapat mereka tentang kerjasama dalam tim setelah menonton film
-       Remaja membuat satu karya tulis berisi apa yang mereka pelajari tentang kerjasama tim
Metode
            Diskusi film ‘Remember the Titans’
Referensi Alkitab
            Pengkhotbah 4:9-12
9  Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka.
10  Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!
11  Juga kalau orang tidur berdua, mereka menjadi panas, tetapi bagaimana seorang saja dapat menjadi panas?
12  Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.
Durasi Kegiatan
            2,5 jam
Alat/Bahan
LCD proyektor, laptop, CD film ‘Remember the Titans’, 3 buku Quantum Learning (sebagai hadiah bagi pemenang karya tulis), pembatas alkitab untuk semua remaja yang memasukkan karya tulis

Referensi
Dalam pertandingan sepakbola, kita pahami bahwa sebuah tim berusaha untuk menang dan mengalahkan lawannya. Banyak usaha yang dilakukan agar tujuan ini tercapai, mulai dari latihan sampai pada pertandingan. Semua anggota tim akan senang jika mereka memenangkan pertandingan. Namun apa yang akan terjadi jika dalam satu tim sepakbola anggota-anggotanya saling bersaing dengan tidak sehat dan berusaha mengalahkan temannya. ‘Saya harus menang dan teman-teman saya harus kalah.’ Bayangkan bagaimana mereka akan bermain sebagai satu tim jika diantara mereka tidak ada kerjasama tim karena setiap orang ingin menang. Penyerang yang hanya ingin mencetak gol dan tidak ingin membantu tim dalam bertahan. Pemain tengah yang hanya ingin menunjukkan kemampuan individunya. Pemain belakang yang hanya ingin bertahan dan tidak mau membantu teman di depannya. Dan penjaga gawang yang tidak m empercayai anggota tim lainnya. Tim yang anggota timnya hanya peduli pada keingin pribadinya. Tim yang tidak bekerjasama sebagai tim akan menghasilkan kehancuran bersama.
Menghargai perbedaan adalah intisari dari sinergi – perbedaan mental, emosional, psikologis antar orang. Dan kunci untuk menghargai perbedaan adalah dengan menyadari bahwa semua orang melihat dunia, tidak sebagaimana adanya, tetapi sebagaimana mereka.
Dengan bersinergi, kekuatan kerjasama lebih besar dari upaya per bagiannya. Jadi galilah potensi dan kebaikan kontribusi orang lain.
Gambaran Kegiatan
Kegiatan Pembuka
Pengenalan tentang konsep ‘Bersinergi’
Kegiatan Inti
-       Pemutaran film ‘Remember the Titans’
Kegiatan Penutup
            Penjelasan tentang tugas yang akan dilakukan:
-       Bagi remaja dalam kelompok yang terdiri dari 4 orang. Tunjuk satu ketua kelompok. Setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
1.    Siapakah tokoh favorit anda dalam film ini? Kenapa?
2.    Bagian manakah dari film ini yang anda paling sukai?
3.    Mengapa sulit dalam satu tim untuk bisa bekerjasama?
4.    Apa yang harus dilakukan agar supaya kita bisa bekerjasama dengan baik? Tunjukkan contohnya dalam film ini.
5.    Tunjukkan contoh perilaku Menang/Kalah dalam film ini.
6.    Apa saja konsekuensi dari perilaku Menang/Kalah?
7.    Apa yang dilakukan oleh Pelatih Boon dan tim pelatih untuk membuat timnya bermain sebagai satu tim?
-       Mereka diminta untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan diatas dalam kelompok. Mereka akan menentukan sendiri waktu dan tempat diskusi.
-       Setiap remaja diminta untuk menuliskan sebuah karya tulis tentang pemahaman mereka atas konsep ‘Bersinergi’. Waktu yang diberikan adalah dua minggu. Karya tulis ini akan diseleksi dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah buku.

Alternatif Project

-       Setiap kelompok membuat sebuah project ‘mobil-mobilan’ yang bisa dikompetisikan. Mobil-mobilan ini seharusnya bisa untuk ditumpangi satu orang pengemudi. Kategori kompetisi: Kecepatan dan kreatifitas.

No comments:

Post a Comment